MARKETING STRATEGY OF BANK MUAMALAT INDONESIA
File Jurnal

Keywords

Bank Syari’ah
Tingkat kepuasan
Bauran pemasaran
superior customer value

Abstract

Bank  yang  beroperasi  berdasarkan  syari’ah  Islam,  pada  saat  ini  sedang mendapatkan  momentum  baik di  Indonesia. Momentum  ini  mendorong  beberapa  bank konvensional   juga   tertarik   untuk   mendirikan   unit   syari’ah.   Bank   Muamalat Indonesia (BMI) sebagai  bank  syari’ah  pertama  di  Indonesia  sekarang  menghadapi kompetisi  yang  ketat.  Penelitian ini bertujuan memilih strategi  memenangkan  persaingan  BMI  dengan bank syariah yang baru tumbuh. Sejumlah 108 responden yang merupakan konsumen dari Bank Muamalat Indonesia kantor cabang Yogyakarta menjadi sampel dalam penelitian ini dipilih secara accidental. Metode analisis yang digunakan dengan deskriptif. Hasil analisis  menunjukkan  bahwa  mereka  telah  puas  dengan  pelayanan  dari  Bank Muamalat  Indonesia  dalam  hal  produk,  promosi  dan  harga, serta desain dan lay-out kantor cabang. Namun di sisi lain para responden merasa belum puas dengan terbatasnya sebaran jumlah cabang Bank Muamalat Indonesia di wilayah Yogyarta. Hal ini merupakan bagian dari strategi yang harus dikembangkan memenangkan persaingan dan pangsa pasarnya.

File Jurnal